Fungsi Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis Era Digital

0

Fungsi Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis Era Digital – Fungsi teknologi informasi dalam bisnis sangatlah krusial. Dalam dunia bisnis, ada produsen yang menjual produk dan konsumen yang membelinya. Keduanya saling bergantung satu sama lain. Bisnis tidak akan berhasil tanpa kehadiran produsen maupun konsumen. 

Produsen membutuhkan pelanggan supaya bisa membeli produk mereka, sedangkan pelanggan membutuhkan produsen supaya dapat memenuhi kebutuhan mereka. Produsen menjual barang di pasar, dan konsumen yang ingin memenuhi kebutuhannya pergi ke pasar untuk membeli barang-barang tersebut. Interaksi tersebut sudah berlangsung selama ribuan tahun lalu, jauh sebelum teknologi berkembang seperti pada saat sekarang ini.

Teknologi modern telah membawa dampak signifikan pada pengembangan sistem bisnis. Perkembangan teknologi informasi yang pesat tidak bisa dihindari. Kemajuan ini tidak hanya membuat hidup manusia lebih mudah, tetapi juga mendukung perkembangan bisnis global. 

Aktivitas yang dulunya sulit untuk dilaksanakan, mahal, hingga memakan waktu sekarang sudah menjadi lebih efisien. Di masa lalu, pekerjaan yang melibatkan sepuluh orang atau lebih untuk menghasilkan suatu produk kini bisa disederhanakan dengan bantuan mesin berkat kemajuan teknologi.

Fungsi Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis Era Digital

Fungsi Teknologi Informasi dalam Bisnis yang Penting

Fungsi Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis Era Digital – Rencana bisnis telah dikenal sejak tahun 1970-an. Rencana bisnis dianggap sebagai elemen penting bagi pengusaha pemula. Perencanaan bisnis dapat didefinisikan sebagai hasil pengumpulan informasi sintetis, proses analisis yang mendalam, identifikasi risiko, pengembangan strategi, perencanaan keuangan, dan evaluasi tugas.

Dengan merinci semua rencana tersebut, mekanisme ini memungkinkan pengusaha baru untuk memperkenalkan diri serta produk atau layanan mereka. Dalam pengembangan perusahaan, peran teknologi informasi sangatlah signifikan. Banyak organisasi yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan perekonomian perusahaan mereka.

Berikut ini adalah beberapa peran dasar dan fungsi teknologi informasi dalam bisnis:

1. Fungsi Operasional

Fungsi pertama teknologi informasi dalam bisnis adalah operasional. Hal ini membantu membuat struktur organisasi menjadi lebih efisien dan ramping. Hal ini disebabkan oleh penerapan teknologi informasi yang mencakup semua fungsi dalam organisasi. 

Akibatnya, unit-unit yang terkait dengan manajemen teknologi informasi dapat menjalankan perannya sebagai lembaga pendukung. Selain itu, teknologi informasi juga diketahui sebagai infrastruktur yang lebih aman.

2. Pengendalian dan Pengawasan

Fungsi teknologi informasi dalam bisnis berikutnya adalah pengawasan dan pengendalian. Fungsi ini menegaskan bahwa teknologi informasi merupakan bagian integral dari aktivitas manajerial. Oleh karena itu, fungsi ini akan melekat pada setiap manajer. 

Struktur organisasi yang terikat dengan manajer tersebut wajib bisa mempunyai rentang waktu kontrol maupun hubungan pada rekan yang mencukupi. Waktu tersebut juga harus memperbolehkan terjadinya interaksi yang efisien dengan manajer yang ada di perusahaan.

3. Komunikasi

Peran penting teknologi informasi dalam bisnis selanjutnya adalah komunikasi. Prinsip fungsi ini termasuk dalam kerangka infrastruktur organisasi modern. Teknologi informasi berperan sebagai media yang memungkinkan individu di perusahaan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi satu sama lain, serta bekerja sama dengan lebih efektif.

4. Decision dan Planning

Fungsi teknologi informasi dalam bisnis lainnya adalah perencanaan dan pengambilan keputusan. Fungsi ini meningkatkan peran TI menjadi strategis, karena teknologi informasi menjadi penyokong utama dalam rencana bisnis perusahaan. 

Selain itu, fungsi ini juga berperan sebagai penghasil pengetahuan bagi para pemimpin perusahaan untuk mengambil keputusan penting setiap hari. Bahkan, tidak jarang perusahaan memilih supaya dapat menempatkan unit teknologi informasi sebagai bentuk dati integral dari fungsi perencanaan maupun pengembangan perusahaan.

5. Antar Organisasi

Fungsi terakhir dari teknologi informasi dalam bisnis adalah organisasi. Peran ini unik karena berdampak pada semangat globalisasi yang mendorong perusahaan untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis dalam teknologi informasi, seperti penerapan manajemen rantai pasokan, merupakan bagian dari fungsi ini. Hal tersebut sangat mendorong perusahaan supaya bisa melakukan terobosan signifikan dalam merancang suatu struktur organisasi di unit teknologi.

6. Jenis Teknologi yang Dibutuhkan Perusahaan

Benar sekali, pemilihan teknologi yang tepat untuk perusahaan sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi teknologi informasi dalam bisnis yang telah kita bahas sebelumnya. Beberapa jenis teknologi yang cocok untuk digunakan dalam sebuah perusahaan termasuk:

7. Cloud Native

Teknologi cloud native menawarkan skalabilitas, kecepatan, dan elastisitas yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bisnis. Ini membantu dalam membangun dan menjalankan solusi mutakhir yang di-hosting di lingkungan pribadi, hybrid, dan cloud publik. Layanan mikro, komputasi tanpa server, infrastruktur yang tidak dapat diubah, dan API adalah bagian dari teknologi ini.

8. Pemasaran

Era digital saat ini memperkenalkan berbagai teknik pemasaran baru, yang banyak dimanfaatkan oleh bisnis pemula untuk menjangkau pelanggan. Contohnya adalah media sosial, SEO, kampanye email, dan PPC sebagai sumber lalu lintas dan pelanggan untuk merek. Alat seperti HootSuite memungkinkan penjadwalan ulang postingan media sosial.

9. Pemantau

Perusahaan memerlukan teknologi untuk memantau data dan kinerja mesin, serta mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan untuk membuat perubahan yang meningkatkan keuntungan. Mendapatkan data bermanfaat, tetapi menggunakan data tersebut dengan baik adalah keuntungan. Banyak perusahaan rintisan yang berpindah ke alat pembelajaran mesin yang secara otomatis supaya dapat melihat tren data hingga memberikan wawasan.

10. Perangkat Lunak Manajemen Hubungan Konsumen

CRM memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan kekuatan lebih dalam menangani konsumen. Penggunaan teknologi ini dapat memberikan dampak besar terhadap keuntungan perusahaan, bahkan hingga 47%.

11. Otomatisasi Dasar

Alat otomatisasi dasar membantu pengusaha mengelola tanggung jawab dalam waktu yang terbatas. Ini sangat berguna bagi solopreneur yang menjalankan bisnis sendiri. Alat ini dapat membantu dalam pelacakan biaya dan pengiriman pengingat secara otomatis.

Dengan adanya fungsi teknologi informasi tentunya kita akan semakin lebih mudah mengembangkan usaha bisnis. Selain itu, adanya informasi mengenai teknologi apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat perusahaan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Tidak heran apabila pelaku usaha pemula harus bisa menggunakan teknologi informasi untuk memberikan informasi kepada pelanggan maupun kebutuhan yang lainnya.

Penutup:

Fungsi teknologi informasi membantu kita dalam mengembangkan usaha bisnis dengan lebih efisien dan efektif. Informasi mengenai bermacam teknologi yang tersedia juga memungkinkan perusahaan supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *